Monday, January 27, 2014

BRIDA - Paulo Coelho

Detail Buku
Ukuran : 13.5 x 20 cm
Tebal : 232 halaman
 Terbit : Juli 2011
Cover : Softcover
ISBN : 978-979-22-7223-9
No Produk : 40201110067
Untuk yang doyan baca novel dan buku-buku sastra tentunya buku yang satu ini ga boleh ketinggalan. Paulo Coelho menyajikan setiap alur cerita dalam buku ini dengan begitu menarik. Menyedot segala perhatian kita sebagai pembaca untuk terlibat dalam setiap kata dari satu bab ke bab yang lain, kita seakan-akan terlibat dalam sebuah sandiwara kehidupan yang diperankan oleh Brida – tokoh di dalam novel ini - . Buku ini membuat orang berpikir tentang kehidupan, tentang memilih jalan hidup, tentang dunia spiritual, tentang cinta dan tentang diri sendiri. Buku ini adalah buku yang sedikit membingungkan tetapi ga usah takut karena setiap kebingungan yang akan kita alami terjawab setelah selesai membaca ceritanya. Karya ini sarat akan makna hidup, pelajaran maupun pengalaman spiritual, serta banyak memberikan isnpirasi dan mengajak para pembacanya untuk berpikir dan merasa. Logika dan perasaan sangat dibutuhkan untuk memahami karya Paulo Coelho, salah satunya adalah novel Brida.

Sinopsis Novel
Brida O”Fern seorang gadis muda Irlandia dan pencariannya untuk pengetahuan. Dia telah lama tertarik pada berbagai aspek sihir tetapi mencari sesuatu yang lebih.Ini adalah kisah cinta, misteri gairah, dan spiritualitas dari penulis, Paul Coelho.

Brida dipertemukan dengan dua orang guru yang mengajarinya magis melalui Tradisi Matahari dan Tradisi Bulan. Satu hal yang saya ingat sampai sekarang adalah bahwa magis merupakan jembatan antara dunia yang kasat mata dan tidak kasat mata. Tidak banyak yang saya tahu pasti mengenai konsep Tradisi Matahari dan Tradisi Bulan yang diceritakan, tetapi yang saya tangkap esensinya adalah bahwa Tradisi Matahari menyampaikan disetiap pengalaman yang dilalui manusia mereka akan mendapatkan pencerahan walaupun harus mengalami dulu penderitaan. Sedangkan Tradisi Bulan mengajarkan bahwa manusia senantiasa merasakan cinta dan kasih sayang utuh dan sempurna. Brida harus mengalami malam kelam di hutan, tapi dari situ dia dapat meraih iman bahwa Tuhan tidak pernah meninggalkannya dan selalu melindunginya.

Brida terhadap kesejatian, yang di awal kisahnya disebut sebagai 'pengetahuan'. Gurunya yang pertama, adalah Magus. Magus, artinya "Guru", adalah lelaki parubaya yang mengasingkan diri di hutan. Oleh Magus, Brida diarahkan ke guru lain, Wicca, seorang wanita. Wicca-lah yang mengantar Brida menapaki perlahan gerbang-gerbang pemahaman esoterik untuk menemukan potensi dan misteri tersembunyi dalam diri Brida namun hal ini akan menemukan kegenapannya jika seseorang menemukan belahan jiwanya.

Magus bertanya padanya bagaimana jika kamu jatuh cinta, dan pada hari aku mengajarkan kebijaksanaan kosmos dan di malam hari dia mengajarkan kebijaksanaan Cinta. Bagaimana jika kamu harus memilih salah satu dari dua? Studi atau Cintamu. Dan ini balasan Brida bahwa dia akan memilih cintanya. Karena katanya kebenaran, Magus setuju untuk mengajarinya. Cerita bergerak dan Magus menjadi guru Brida. Dia mengambil pelajaran penting dari hidup dan bergerak kembali dari mana dia datang pada catatan untuk datang kembali untuk pengetahuan lebih lanjut tentang dunia misterius. Di kota tempat tinggal Brida, dia mendapat kesempatan untuk bertemu Wicca, yang mengikuti tradisi Bulan. Mereka berbicara tentang kartu Tarot dan cerita kartu. Pada malam waktu ketika kami terpisah, salah satu dari mereka didakwa dengan memelihara dan mempertahankan pengetahuan. Dia melanjutkan untuk memahami alam dan pergerakan bintang-bintang di langit. Dunia yang mulai berputar di orbitnya. Itulah kemuliaan manusia .Untuk Wanita diberi sesuatu yang jauh lebih halus dan rapuh, tetapi tanpa pengetahuan yang tidak masuk akal sama sekali, semua itu adalah transformasi. Orang-orang meninggalkan tanah subur, kita menabur pohon dan tanah berubah menjadi pohon dan tanaman. Tanah membutuhkan benih, dan benih membutuhkan tanah Saya tidak tahu bagaimana Paulus berhasil menulis begitu indah tentang hubungan pria dan wanita, dan proses kelahiran. Ini sangat menakjubkan. 


Brida pergi ke Magus lagi untuk mendapatkan jawaban yang datang di depannya karena Wicca dan Magus senang melihatnya, mengapa? Brida yang makin matang mata batiniahnya, akhirnya menemukan fakta pahit bahwa sang belahan jiwanya bukanlah Lorens, kekasihnya. Melainkan Magus! Bagaimana jika dalam satu masa hidup, seseorang menemukan lebih dari satu belahan jiwa? tanya Brida pada Wicca. "Yang terjadi adalah kesedihan, air mata, dan kedukaan yang amat pedih." jawab sang guru. Brida mencintai Lorens yang bukan belahan jiwanya. Magus mencintai Wicca yang bukan belahan jiwanya.

Apakah mereka masing-masing akan menemukan kesejatiannya sendiri, karena tanpa penggenapan tubuh dan batin, baik Magus dan Brida tidak akan pernah tiba di akhir perjalanan seumur hidup mereka dan harus saling mencari lagi di kehidupan berikutnya? Coelho berhasil mengajak pembaca untuk mempertimbangkan gagasan reinkarnasi, 


Seraya tetap penuh hormat yang sangat kepada Plato, sang filsuf Yunani. Pernyataan tentang  adanya satu jiwa di dalam dua tubuh dengan dikaitkan atas nama belahan jiwa, - sebuah cinta sejati - telah mendorong  orang  menyusuri drama cinta sepanjang hidupnya. Ada yang meyakini, bahwa cinta pertama adalah cinta yang paling murni, karena  di dalamnya seringkali tak ada kalkulasi dan motif tersembunyi, kecuali mengikuti rasa cinta itu sendiri. Itulah cinta sejati.  Karenanya, bagi banyak orang, cinta pertama, sekaligus sebuah cinta monyet, adalah peristiwa yang paling berkesan selama hidupnya. Sampai di kalimat ini, sekarang pejamkan matamu… lalu,  bayangkan sosok itu. Engkau sekarang sedang tersenyum bukan?  Rona wajahmu menjadi berseri-seri mengingat bagaimana pertama kalinya di dalam hidup, engkau jatuh cinta.
 
Pada akhirnya setiap orang harus menjalani realitas yang ada. Setiap kegagalan, kesedihan dan penderitaan, mungkin hanya cara Tuhan untuk menunjukkan jalan yang harus kita tempuh.
 

No comments:

Post a Comment