Saturday, July 6, 2013

MEMILIH ATAU DIPILIH

Sebuah cerita inspiratif tentang Pesan seorang guru terhadap muridnya: 

 “Muridku yang terkasih masuklah ke taman bunga itu..sekalih kamu melangkah maju jagan pernah kamu mundur selangkahpun dan yang harus kamu lakukan adalah memilih dan memetik sekuntum kembang dari bunga-bunga yang menurutmu paling indah. Kembang itu yang akan kami sematkan di dadamu saat penerimanmu sabagai anggota Padepokan. Guru akan menungguhmu di seberang taman bunga itu”.
Setelah mendengar perkataan gurunya murid itu pun mulai melangkahkan kakinya langkah demi langkah. Dia takjub,terkesima dan terpukau dengan segala aneka warna dan keindahan taman bunga itu. Di sana-sini bertebaran pesona indah nan rupawan. Saking takjubnya Si murid hampir-hampir lupa dengan tugas dan amanah dari sangguru. Kini dia harus mulai memilih dari sekian banyak kembang dari bunga-bunga yg ada di taman. Langkah demi langkah kakinya di ayun..berusaha melihat dengan seksama bagian sisi kiri dn kanannya, berusaha menemukan kembang yang paling indah. Ketika sampai ditengah taman dia tertarik dgn sekuncup kembang, namun pikirnya “Ah jangan yagn ini, taman ini masi terlalu luas, pasti di depannya lagi masih ada yang lebih indah dari ini”, Gumamnya di dalam hati. Tak terasa dia hampir sampai di penghujung taman, dia baru sadar belum ada sekuntum kembangpun yg dipilih. Sedangkan yg kini ada dihadapannya hanyalah bunga-bunga dengan kembang yg sudah mulai layu. Teringat akan pesan sang guru yg menghruskannya memilih satu dari sekian banyak kembang yg ada, akhirnya dia memetik sebuah kembang dari bunga yang berada tidak terlalu jauh dari sisinya. Ketika keluar dari taman itu…sang guru menyambutnya dengan senyum.
Kata Sang guru “Simpanlah kembang pilihanmu itu; sampai nanti hari pengukuhanmu menjadi anggota Padepokan.


Pesan terindah buatku dalam setiap helaan nafas dan ayunan kaki ini melangkah. Makasi buat Anthony de Mello atas cerita indah ini.

No comments:

Post a Comment